Workshop Magang Digital Communication: Achieve Digital Competence in 4.0 Era PENTINGNYA PEMBENTUKAN SOFTSKILL DI ERA 4.0

Pada era digital 4.0 ini, pembentukan softskill tak kalah pentingnya dengan pembentukan hardskill para calon sarjana. Hal tersebut ditegaskan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, Bapak Ponco Budi Sulistyo, M.Comn, Ph.D, saat memberikan pembekalan sekaligus membuka Workshop Internship bertema ‘Achieve Digital Competence in 4.0 Era, bagi mahasiswa peminat Digital Communication, Program Studi Komunikasi, Selasa, 17 September 2019, di gedung rektorat UMB, Jakarta

Workshop dihadiri dosen-dosen Program studi Ilmu Komunikasi, di antaranya: Bapak Drs. Dadan Iskandar, M.Si dan Ibu Siti Muslichatul Mahmudah, M.Ikom. Sedangkan pesertanya adalah mahasiswa-mahasiwa peminat digital communication dari angkatan 2016.

Rangkaian kegiatan workshop diawali dengan pembekalan tata cara dalam interview kerja. Disampaikan dengan serius, namun bersahabat oleh Ibu Yuni Tresnawati, M.Ikom dan Ibu Siti Muslichatul Mahmudah, M.Ikom. Materi ini disambut meriah oleh para peserta workshop, ditandai dengan antusiasme mereka bertanya dan mengikuti acara simulasi magang yang diadakan setelahnya.

Acara workshop ini juga menghadirkan praktisi dari bidang Digital Communication yang telah berpengalaman, yaitu Ibu Wulan Ranny Widyanto, selaku Human Resources Director of Leverate Media Asia, dan Bapak Abdu Maalikul selaku Bussiness Development Manager Ninja Express.

Materi Jenjang Karir di bidang Digital Communication yang dibawakan Ibu Wulan Ranny Widyanto diwarnai antusiasme dari peserta workshop, karena dari materi ini, peserta akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan seputar Industri Digital Creative. Peserta juga aktif bertanya, mengingat materi yang disampaikan berhubungan dengan output mereka sebagai Lulusan Digital Communication, yaitu Social Media Analyst, dan Digital Media Planner.

Tidak kalah seru, materi Kompetensi dan Adaptasi di Industri Digital Communication yang dipaparkan oleh Bapak Abdu Maalikul memberikan gambaran kepada para peserta workshop, tentang apa yang bisa mereka lakukan setelah lulus dari jurusan Digital Communication.

Selain menyampaikan materi, para pembicara juga sekaligus membuka peluang walk in interview langsung ditempat workshop. Sehingga para peserta yang tertarik untuk bergabung, bisa langsung menyerahkan CV mereka dan di interview saat itu juga.

Semangat para peserta tetap terjaga hingga acara terakhir yaitu Simulasi Wawancara Kerja dan Penilaian Personal Performance dalam Bahasa Inggris. Simulasi ini dipandu oleh Ibu Anindita M.Ikom, serta Ibu Muthia Rahayu, M.Ikom selaku dosen dari Fakultas Ilmu Komunikasi.

Dengan adanya workshop magang Digital Communication ini, diharapkan para peserta dapat menyerap segala ilmu yang diberikan, serta dapat mengaplikasikannya saat wawancara magang, atau jenjang selanjutnya.