Visi, Misi dan Tujuan Program Studi

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi unggul dan terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang komunikasi, khususnya Penyiaran, Kehumasan, Periklanan dan Komunikasi Pemasaran yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global pada tahun 2024

Misi

  1. Menyusun dan menerapkan kurikulum Pendidikan Tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kebutuhan industri dan masyarakat, serta asosiasi profesi, yang dievaluasi setiap empat tahun.
  2. Menerapkan teknologi pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis pada kearifan lokal.
  3.  Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada capaian pembelajaran (learning outcomes), untuk menghasilkan lulusan yang memiliki sikap kerja, pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang penyiaran, Kehumasan, Periklanan dan Komunikasi Pemasaran.
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan industri komunikasi, asosiasi profesi, lembaga sertifikasi profesi, lembaga resmi pemerintah, organisasi non pemerintah (NGO) nasional dan internasional untuk memperkuat kompetensi lulusan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengikuti kompetisi pada tingkat nasional dan internasional dalam pencapaian prestasi di bidang ilmu komunikasi.
  6.  Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi dan masyarakat serta memiliki etika profesional dan jiwa kewirausahaan.
  7. Memberikan pendidikan kewirausahaan dan pembinaan yang bekerjasama dengan Pusat Kewirausahaan Universitas Mercu Buana.
  8.  Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah.
  9.  Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sinergi dengan penelitian.

 Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berjiwa Pancasila, memiliki wawasan kebangsaan, memiliki integritas (kesamaan antara pikiran, perkataan dan perbuatan, kejujuran serta komitmen), serta menerapkan etika profesi dalam menjalankan tugas serta tanggungjawab dalam dunia kerja khususnya dan masyarakat pada umumnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kemampuan serta sikap kerja yang gigih (tidak mudah menyerah), tuntas, membangun kerjasama tim, untuk mengelola dan memproduksi program-program komunikasi dengan mengembangkan wawasan dan kajian budaya dan kearifan lokal.
  3.  Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan berfikir analitis, kritis untuk melakukan kajian atau penelitian dalam bidang komunikasi dalam rangka memperkaya dan mengembangkan teori, metode dan model komunikasi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, berbahasa Inggris, berjiwa wirausaha dan menerapkan etika profesi, memiliki sifat terbuka, kreatif, inovatif dan adaptif, dan keinginan untuk belajar sepanjang hayat.
  5. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang penyiaran (produksi program berita dan non berita televisi), kehumasan (coordinator program kehumasan), periklanan dan komunikasi pemasaran (strategi kreatif, strategi media periklanan, dan strategi komunikasi pemasaran) yang menekankan pada keunggulan soft skill dalam bentuk disiplin, jujur, tanggung jawab, kreatif, teliti, dan percaya diri, ramah lingkungan dan kearifan lokal yang mendukung keahlian masing-masing.
  6. Menghasilkan penelitian dan karya ilmiah yang dapat meningkatkan mutu ilmu pengetahuan dan publikasi bertaraf nasional dan internasional serta dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau aplikasi dalam bidang penyiaran, kehumasan, periklanan dan komunikasi pemasaran.
  7.  Menghasilkan karya yang berhubungan dengan misi pengabdian masyarakat dan menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pelatihan rutin yang bekerjasama dengan industri penyiaran, kehumasan, periklanan dan komunikasi pemasaran, lembaga pemerintah, asosiasi profesi, serta lembaga sertifikasi profesi terkait yang dapat menunjang kompetensi profesi.