Sambutan Dekan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu wata’ala atas limpahan rahmat, taufik dan hidayahNya kepada kita semua. Shalawat serta salam kepada baginda rasululloh Muhammad SAW.

Komunikasi selalu hadir disetiap perkembangan peradaban manusia. Sejak pra tulisan hingga kini industri 4.0. Pada perkembangannya komunikasi secara empirik telah menjadi ilmu yang diperlukan umat manusia, sehingga berdirilah fakultas ilmu komunikasi di banyak negeri. Demikian halnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana, turut memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang komunikasi pada level Sarjana dan Magister, untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global.

Fakultas Ilmu Komunikasi berdiri pada tahun akademik 1994/1995. Waktu yang panjang telah mematangkan institusi dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, menerapkan manajemen pendidikan tinggi yang efektif dan efisien, mengembangkan jaringan kerjasama industri dan kemitraan yang luas di tingkat nasional maupun internasional, mengembangkan kompetensi dan etika profesional mahasiswa dengan jiwa wirausaha yang kuat.

Hal ini memberi penguatan dalam meraih predikat “Terakreditasi A” pada institusi Universitas Mercu Buana, juga “Terakreditasi A” pada Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT, KEMRISTEK DIKTI RI). Suatu pencapaian, pengakuan, penghargaan, dan penghormatan yang luar biasa dan menumbuhkan kepercayaan stakeholders kepada Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana.

Menyongsong era industri 5.0, Fakultas Ilmu Komunikasi telah menyiapkan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang berbasis pada capaian luaran pembelajaran (outcome-based education). Mengembangkan wawasan mediapreneurship dengan kekuatan konvergensi digital dan dukungan teknologi pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Suatu bentuk upaya yang terus menerus untuk menghadirkan institusi yang maju, bermartabat, dan membawa berkah bagi kemajuan peradaban. Semoga perlindungan dan Ridho Allah SWT senantiasa menyertai usaha kita semua..aamiin yaa Robbal ‘alamiin.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Dekan,

 

Dr. Elly Yuliawati, M.Si