“Yuk, Kenali Jenis Sampah”

Sosialisasi Pengadaan Jenis Sampah Organik dan Nonorganik

Dari serangkaian pembahasan yang sudah dilakukan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai jawaban atas permasalahan dalam penelitian ini yang dijabarkan sebagai berikut:

  1. Masalah sampah yang saat ini kurang diperhatikan oleh masyarakat(siswa siswi SDN Duri Kepa), bisa dilakukan dengan perubahan sikap dan kebiasaan dari masyarakat itu sendiri. Salah satu cara mengubah perilaku ini adalah dengan mengganti kebiasaan buruk tersebut dengan kebiasaan baru yang secara umum lebih menyenangkan atau lebih bermanfaat. Dan salah satunya dengan memperkenalkan tempat sampah organik dan non organik.
  2. Tentang Pemilahan Sampah organik dan non organik maka diperlukan model pemilahan sampah yang baik dan tepat sehingga kualitas kesehatan, kualitas lingkungan dapat ditingkatkan serta sampah dapat menjadi sumberdaya yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Model hendaknya melibatkan berbagai komponen pemangku kepentingan dan memperhatikan karakteristik sampah, karakteristik perkotaan atau perdesaan serta keberadaan sosial-budaya masyarakat setempat.
  3. Dari rangkaian program – program sejenis mengenai sampah, dapat diindikasikan bahwa sosialisasi tentang sampah ini perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan sampai akhirnya menjadi bagian dari budaya.