Jurnal Visi Komunikasi

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/viskom

 

Panduan Penulisan Naskah Jurnal Pdf

PANDUAN PENULISAN NASKAH

JURNAL VISI KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS MERCU BUANA, terbit 6 bulanan dengan mengambil spesifikasi bidang Komunikasi. Redaksi Jurnal Visi Komunikasi mengundang Bapak/Ibu para akademisi, praktisi, pemerhati masalah komunikasi dan sosial serta kelompok masyarakat yang peduli untuk ikut berpartisipasi dalam penulisan artikel penelitian, pengembangan ataupun kajian bidang komunikasi, media massa, dan sosial kemasyarakatan pada Jurnal Visi Komunikasi yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana. Naskah artikel yang dikirim ke-redaksi jurnal bisa berupa: (a). ringkasan hasil-hasil penelitian, (b). penilaian hasil penelitian, (c). tinjauan tentang masalah komunikasi dan (d). kajian teoritis tentang komunikasi. Naskah artikel yang bisa dipertimbangkan untuk diterbitkan jika memenuhi persyaratan sebagai berikut :

KETENTUAN UNTUK PENYUMBANG NASKAH ADALAH SEBAGAI BERIKUT:

  1. Tata Urutan Naskah : Naskah artikel ditulis secara runut terdiri dari, Judul , nama penulis, abstrak Indonesia, abstrak inggris, pendahuluan (latar belakang, permasalahan , tujuan), kajian teori, metode, hasil dan pembahasan, penutup terdiri dari simpulan dan saran, serta daftar rujukan . Naskah artikel ilmiah minimal didukung oleh 25 referensi dari sumber primer dan sekunder, baik dari jurnal dan buku-buku baru yang terkait. Daftar r, ditulis menggunakan huruf times new roman ukuran 12 pt spasi 1, disusun dalam format 2 (dua) kolom;. Sistem pengutipan menggunakan APA Style. Contoh lihat di www.apastyle.org; Isi tabel ditulis menggunakan huruf times new roman ukuran 12 pt.
  1. Telaah Penilaian Naskah artikel: (a). Ada kesesuaian antara topik/thema dengan bidang keilmuan yang dipilih dalam jurnal. (b). Menunjukkan originalitas, belum pernah dipublikasikan dipublikasikan atau tidak sedang dikirim ke media lain, bersih dari pelanggaran etika penulisan ilmiah termasuk plagiatisme. (c). Mempunyai sumbangan terhadap perkembangan komunikasi kemasyarakatan yang ditunjukkan unsur kebaruan temuan (novelty) atau kemutakhiran (state of the art) baik bidang Ilmu Komunikasi. (d). Memiliki perbandingan yang signifikan antara acuan sumber primer dengan sumber lainnya. Semakin banyak acuan sumber primer semakin signifikan kualitasnya. (e). Mempunyai kedalaman analisis dengan dukungan teori dan data temuan riset. (f). Simpulan yang berelasi dengan seberapa banyak memuat hal-hal penting “jawaban atas permasalahan” yang diteliti.
  1. Persyaratan Teknik: Semua naskah artikel secara teknik harus memenuhi kreteria sebagai berikut :

(1). Ukuran kertas : A4;. (2). Margin atas: 2,5 cm, margin bawah: 2,5 cm, margin kiri: 2,5 cm, dan margin kanan: 2,5 cm;. (3). Header/Footer: 1,5 cm;. (4). Judul Naskah maksimal terdiri dari 12 (dua belas) kata, ditulis menggunakan huruf Timse New Roman ukuran 12 pt;. (5). Nama penulis ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pt;. (6). Nama Lembaga dan Alamat ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pt;. (7). Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, antara 150- 200 kata dalam satu alinea, dibawah abstrak dicantumkan 3 (tiga) hingga 5 (lima) kata kunci.menggunakan huruf Times New Roman ukuran 9 pt;. (8). Kata Kunci ditulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pt;. (9). Mencantumkan adress, e-mail penulis. (10). Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (11). Panjang naskah artikel antara 15-25 halaman, minimal 7000 kata ditulis satu spasi (single). (12). Kutipan menggunakan bodynote.

Redaksi berhak merevisi tata bahasa, serta mempertimbangkan jumlah halaman yang tersedia, tanpa mengubah substansi dan makna artikel yang bersangkutan. Dalam waktu 100 hari, penulis sudah dapat mengetahui keputusan Redaksi mengenai penerimaan atau penolakan naskah. Proses perbaikan naskah dapat dilakukan melalui komunikasi dengan Redaksi Jurnal. Penulis akan menerima 2 eksemplar Jurnal Visi Komunikasi setelah terbit.

Alamat Redaksi :

Redaksi Jurnal Visi Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana

Jl. Meruya Selatan No 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650. Naskah dikirim ke redaksi Jurnal Visi Komunikasi dalam bentuk soft copy melalui email: jurnalvisi2000@gmail.com. Alamat web : www.publikasi.mercubuana.ac.id