Visi dan Misi

VISI DAN MISI FIKOM UMB

Visi

Visi Program Studi Ilmu Komunikasi telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi tentang Visi, Misi, Tujuan sebagai berikut: “Menjadi Program Studi Ilmu Komunikasi unggul dan terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang komunikasi, khususnya Penyiaran (Broadcasting), Kehumasan (Public Relations), Periklanan dan Komunikasi Pemasaran (Advertising and Marketing Comunication) yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global pada tahun 2024.”

Misi

Untuk mencapai Visi tersebut Program Studi Ilmu Komunikasi menyusun Misi sebagai berikut :

  1. Menyusun dan menerapkan kurikulum Pendidikan Tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), kebutuhan industri dan masyarakat, serta asosiasi profesi, yang dievaluasi setiap empat tahun.
  2. Menerapkan teknologi pembelajaran yang kreatif dan inovatif berbasis pada kearifan lokal.
  3. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada capaian pembelajaran (learning outcomes), untuk menghasilkan lulusan yang memiliki sikap kerja, pengetahuan dan  keterampilan khusus di bidang penyiaran (broadcasting), Kehumasan (Public Relations),  Periklanan dan Komunikasi Pemasaran (Advertising and Marketing Communication).
  4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan industri komunikasi, asosiasi profesi, lembaga sertifikasi profesi, lembaga resmi pemerintah, organisasi non pemerintah (NGO) nasional dan internasional untuk memperkuat kompetensi lulusan melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengikuti kompetisi pada tingkat nasional dan internasional dalam pencapaian prestasi di bidang ilmu komunikasi.
  6. Menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri komunikasi dan masyarakat serta memiliki etika profesional dan jiwa kewirausahaan.
  7. Memberikan pendidikan kewirausahaan dan pembinaan yang bekerjasama dengan Pusat Kewirausahaan Universitas Mercu Buana.
  8. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah.
  9. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang sinergi dengan penelitian.