SAMBUTAN DEKAN

Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Assalaamu’alaikum Warrahmatullaahi Wabarakaatuh,

KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI

Fakultas Ilmu Komunikasi memiliki visi menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi unggul dan terkemuka di Indonesia untuk menghasilkan tenaga profesional dibidang Penyiaran (Broadcasting), Kehumasan (Public Relations),  Periklanan & Komunikasi Pemasaran (Advertising & Marketing Comunication) dan Komunikasi Digital (Digital Communications) yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam persaingan global pada tahun 2024.

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana senantiasa mengikuti perkembangan kebutuhan industri terkait perkembangan teknologi di satu sisi dan animo masyarakat di sisi lain. Fakultas yang berdiri pada tahun 1994 tanggal 26 Juli ini terus berlari beradaptasi dengan perkembangan yang ada.

Pada tahun 2003 diusianya yang ke 9, FIKOM sudah memberanikan diri melakukan inovasi dan melangkah jauh ke depan dengan mengganti nama jurnalistik menjadi Broadcasting dengan konsekuensi harus siap dengan alat-alat yang mahal dari analog menjadi digital

Setelah menjadi Broadcasting pun kami terus diingatkan untuk membuat mata kuliah–mata kuliah yang adaptif dengan teknologi dimana media-media konvensional saat itu diprediksikan akan tergantikan dengan media-media alternative seperti media streaming dan terus berkembang sampai sekarang menjadi media dengan karakter personal (New Media). Sehingga muncul mata kuliah antara lain interactive Broadcasting.

Demikian pula dengan jurusan Periklanan. Waktu itu kami berpikir jika tidak ditambahkan dengan pengkayaan kompetensi yang baru maka jurusan ini lama kelamaan akan kehilangan animo masyarakat dan tutup. Sehingga kami tambahkan kompetensi Markom menjadi Advertising dan Marcom. Dimana mahasiswa harus diberikan kompetensi-kompetensi yang mendukungnya beradaptasi dengan pergeseran perilaku konsumen yang juga semakin personal, artinya sangat terkait dengan perkembangan media pemasaran digital.  Sehingga kami membangun mata kuliah-mata kuliah yang saat 5 tahun lalu masih dianggap unik seperti mata kuliah Digital Marcom atau Produksi Iklan Digital dll.

Pada waktu yang sama juga ada diskusi bahwa praktisi PR atau lulusan PR yang kita hasilkan harus melek teknologi dengan beredarnya teknologi internet saat itu. Lulusan harus mampu membuat media publikasi berbasis internet. Sehingga kami harus mengembangkan mata kuliah yang memanfaatkan teknologi digital dalam merancang program-program PR.

Sampai akhirnya tiga tahun lalu pada tahun 2014, kami berpikir harus membuat jurusan baru yang bisa terus beradaptasi dengan perkembangan kebutuhan industri terkait teknologi di satu pihak dan animo masyarakat di pihak lain. Sehingga terciptalah jurusan Digital Communication, karena diprediksikan pada tahun 2020, seluruh isi media adalah youtube.

Kurikulum dirancang berdasarkan Kerangka Kualifikasi Indonesia dengan memperhatikan profil lulusan yang dibutuhkan industri dan masyarakat. Capaian pembelajaran disusun dengan memperhatikan Sikap, pengetahuan, ketrampilan khusus dan ketrampilan umum. Dalam mengevaluasi dan mengembangkan kurikulum kami melibatkan pengguna, praktisi, alumni, mahasiswa dan masyarakat. Kompetensi mahasiswa diasah dengan bentuk pembelajaran bervariasi mulai tutorial di kelas, kuliah tamu, kuliah lapang dan praktikum. Mahasiswa sebelum lulus menjalani Uji Kompetensi profesi yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Mercu Buana (LSP UMB). Sehingga lulusan FIKOM selain memiliki ijazah, SKPI (surat keterangan pendamping ijazah). Juga memiliki sertifikat profesi.

Sementara itu untuk mengimbangi profesionalisme lulusan, kami membangun mata kuliah yaitu mata kuliah Peduli Negeri (KPN). Diharapkan mata kuliah ini bisa menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan kemampuan professional mereka dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga pencapaian visi menghasilkan tenaga professional sesuai kebutuhan industri dan masyarakat bisa terwujud.

FIKOM hadir untuk generasi muda yang berkarya dan yang berprestasi.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita semua, Amin.

Wabillahi Taufiq Walhidayah 

Wassalaamu’alaikum Warrahmatullaahi Wabarakaatuh.

Jakarta, 17 Oktober  2017

Dr. Agustina Zubair, M.Si.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi